Tentang Saya

HendriSaya dilahirkan disebuah Kelurahan (kampung) yang dulu era 70 an masih terpencil dan tepatnya pada sebuah kelurahan (kampong) yang bernama Sungai Salak, Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Riau 34 tahun lalu. Tempat kelahiran saya tidak jauh dari tepian sungai Indragiri.

Sebelum era tahun 90 an kami hidup mengandalkan sungai Indragiri untuk menopang kehidupan. Mulai dari transportasi untuk berhubungan dengan dunia luar sampai sanitasi. Rumah-rumah penduduk didaerah saya sebagian besar berada ditepian sungai dengan tongkat-tongkat kayu panjang menopang bangunan rumah. Kalau air pasang terdengarlah riak ombak dibawah rumah sebab air pasang hampir menyentuh lantai rumah penduduk.

Mendengar cerita orang tua saya, saat saya kecil dahulu rumah kami sering kebanjiran karena air pasang naik. Kalau sudah demikian semua barang-barang dalam rumah diangkat dan diletakan pada tempat-tempat yang agak tinggi agar tidak kebasahan dan terkena air, biasannya diatas almari.

Rumah kami berada ditepi sungai dan setiap beberapa bulan sekali perlu perbaikan agar bangunan rumah bisa dihuni kembali. Kalau tidak dilakukan perbaikan rumah akan miring seolah-olah akan jatuh tenggelam ke sungai Indragiri.

Sehari-hari sewaktu kecil saya sering berenang di sungai Indragiri. Sebab aktifitas MCK masyarakat kami dilakukan setiap hari baik pagi ataupun sore di sungai Indragiri. Terkadang sangat menyenangkan mengenang saat-saat seperti dulu lagi. Suasananya jauh berbeda sekali dengan hari dan saat ini. Dahulu sungai Indragiri airnya masih jernih dan ikannya masih segar dan banyak. Sekarang airnya sudah keruh bahkan kalau dibawa ke lab mungkin sudah tercemar.

Masa sekolah saya waktu SD dan SMP dihabiskan di Sungai Salak, kemudian saya melanjutkan SMA di Rengat Kabupaten Indragiri Hulu di SMA 1 Rengat hingga selesai yang kemudian saya melanjutkan studi di Pekanbaru, namun akhirnya studi S1 saya saya selesaikan di Tembilahan tepatnya di STIE Sri Gemilang Tembilahan Indragiri Hilir yang kini berubah menjadi UNISI (universitas Islam Indragiri)

Saat menempuh studi ini saya sudah bekerja sebagai seorang PNS rendahan di sebuah unit kerja di Kecamatan. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali terutama kepada almarhumah Ibunda saya yang banyak mendorong saya untuk terus berusaha mencapai cita-cita saya.

Kini saya tinggal kembali dikampung halaman yang namanya sungai salak dan sudah berkeluarga dan dikaruniai seorang anak laki-laki. Kampung saya kini tidak seperti dulu lagi, apabila hendak bepergian selalu dengan transportasi air. Kini jalan-jalan kami sudah beraspal dan di sungai kami sudah ada jembatan sebagai penghubung untuk keluar masuk kendaraan. Jembatan Indragiri namanya yang diresmikan oleh presiden RI saat itu Megawati Sukarnoputri. Jembatan yang dibangun dengan megah ini kini sebagai ikon daerah kami Indragiri Hilir, dan tidak lama lagi mungkin didaerah kami akan diresmikan pemakaian bandara sebagai jalur akses lewat udara dari dan ke Indragiri Hilir dalam rangka membuka keterisolasian daerah kami.

Sekarang dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi jarak dan waktu sepertinya tidak masalah lagi. Berawal dari rasa dan tekad yang kuat untuk mengobati rasa penasaran saya dengan dunia internet saya mencoba belajar sendiri menggunakan internet walaupun jaringan internet di kampong saya belum ada, serta mencoba untuk menciptakan sebuah blog di internet sebagai wahana belajar dan silaturahmi serta saling kenal dan berbagi informasi dengan komunitas dunia maya.

Alhamdulillah dengan sedikit kerja keras dan walaupun masih tergopoh-gopoh akhirnya blog yang dicita-citakan terwujud juga walaupun dengan sangat sederhana sekali. Saya berharap dengan blog saya ini saya jadikan sebagai jendela untuk bisa banyak belajar dari luasnya ilmu pengetahuan dan informasi di dunia maya dan wadah silaturahmi dengan rekan-rekan sesama blogger dan siapa saja yang ingin menjalin silaturahmi. Mudah-mudahan banyak manfaat positifnya.

16 thoughts on “Tentang Saya

  1. Lam kenal mas, senang ya rasanya kita bisa silaturohim. Latbel sampean dengan saya tidak jauh beda, namun kayake lebih ngenes aku, perjuangan sejak kecil yang tidak kenal lelah dan punya keinginan kuat itulah yang bisa mendorong kita masuk ke dunia maya. Kapan-kapan mampir lagi ya, sekalian mohon tukeran link dong. Sukron wa’afwan baru bisa mengintip rumahe sampean.

  2. Aduh,kata-kata sungai salak mengingatkan kembali pd tahun 1997 KKN disana, byk kenangan didaerah tsb. Mengajar di SMA Perintis (skrg udah SMAN 01 Tempuling) dan kepseknya guru saya. Salam kenal wan papadaan.

  3. Assalam….blog yang menarik, sudah lama saya tidak berkunjung ke Sungai Salak. Dulu sewaktu kecil sering main ke sini terutama pada hari pasar kalau tidak salah tiap hari senin ya?
    Sukses bro🙂

    Wassalam…

  4. @ : Jaini salam kenal kembali, sesekali main lagi kesungai salak dan @ Andi : Wa’laikum salam, ya hari pasarnya hari senin. Tapi sekarang pasar sungai salak sudah gak seperti dulu lagi pasca kebakaran kemaren jadinya sempit…. dan akibat abrasi sungai Indragiri…

  5. sayaa ..

    ne sayaa jhonii ..
    sya punya tman s.kmpung dngan hendri ..
    dyaa pngen tauu .
    hendri tnggal di sungai salak RT brapa ??
    nma tman sayaa ..
    mujahit ervan (ahit)
    tnggall di RT9 ..

    wass ..

    1. Wah, barangkali dengan no HP saya anda tidak akan mendapatkan apa yang anda inginkan, soalnya saya bukan ahli dalam hal-hal bisnis dan serabut kelapa, saya menulis sekedar hanya memberikan informasi dan siapa yang berminat silahkan lakukan dan hubungi orang-orang yang sudah berhasil mengelola bsnis ini. saya sarankan anda langsung saja menghubungi yg sudah berkecimpung dalam dunia bisnis serabut kelapa, kalau tidak salah saya sudah tulis diatas tempat yang bisa dihubungi, maaf sebelumnya dan terimakasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s