Posted in Info Daerah

Membangunkan Yang Tertidur

Kamis tanggal 11 Pebruari 2016, bertempat di Kantor Camat Tempuling digelar rapat persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Tempuling tahun 2016 oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Tempuling.

Kegiatan di hadiri oleh seluruh pengurus LPTQ Kecamatan Tempuling, UPIKA, Lurah dan Kepala Desa, Kepala UPT Dinas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Organisasi Wanita Kecamatan Tempuling.

Salah satu poin dalam sambutan pembuka yang disampaikan oleh Ketua LPTQ Kecamatan Tempuling adalah bahwa kegiatan Musabqah Tilawatil Qur’an (MTQ) didasari oleh keinginan untuk memotivasi kembali minat generasi muda dalam mempelajari dan mengamalkan serta mencintai Al Qur’an. Karena belakangan minat baca Al Qur’an di tengah masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak sudah mulai sirna dan merupakan sesuatu yang tidak menarik buat mereka.

Disamping itu juga “saya sering ditanya oleh teman-teman di Kabupaten, Tempuling kapan lagi mengadakan Musabaqah” ujar ketua LPTQ Kecamatan Tempuling Armizi, MA.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Tempuling ini kita laksanakan juga dalam rangka mencari bibit-bibit Qori dan Qori’ah yang akan mewakili Kecamatan Tempuling mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten yang tahun 2016 ini akan dilaksanakan di Kecamatan Kateman.

Selanjutnya diungkapkan pula bahwa para generasi muda dan anak-anak kita sekarang sebahagian sudah terlalu asik  dengan kegiatan dan hal-hal yang sifatnya kebendaaan dan keduniaan, sehingga dapat melupakan tradisi generasi terdahulu yang selalu dekat dengan Al Qur’an.

Atas dasar inilah maka diharapkan dengan dimunculkannya kembali kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan ini generasi muda dan anak-anak kita dapat termotivasi kembali mempelajari dan mencintai Al Qur’an.

Disamping itu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) juga atas keinginan masyarakat. Sudah banyak usul dan saran dari beberapa warga dan masyarakat agar Kecamatan dapat melaksanakan kembali kegiatan yang sudah lama seolah “tertidur”, karena dahulu tiap tahun dilaksanakan, terakhir dilaksanakan sekira tahun 2008.

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan kepakuman kegiatan MTQ tingkat Kecamatan selama ini, pertama ada ketidak sinergiannya dalam kepengurusan LPTQ Kecamatan, siapa sebenarnya yang mengelola LPTQ Kecamatan, ketidak jelasannya dan memadainya dana operasional bagi LPTQ Kecamatan, sehingga LPTQ Kecamatan dalam melaksanakan kegiatan mesti mencari-cari sendri dana kesana kemari yang mengakibatkan kegiatan tersendat-sendat di tengah kesulitan mencari dana untuk kegiatan.

Sebagai usulan saja dalam rangka program pembinaan generasi muda kita untuk lebih mencintai Al Qur’an tidak salahnya ada suntikan dana dari APBD melalui instansi terkait unfuk LPTQ Kecamatan yang rasional dan memadai dalam rangka membina dan mengembangkan seni baca Al Qur’an di Kabupaten Indragiri Hilir.

Semoga bisa terlaksana, dukungan serta partisipasi dari seluruh elemen masyarakat hendaknya dapat diberikan atas upaya ini, agar syiar Islam terwujud dan Al Qur’an dapat membumi di Kecamatan Tempuling, sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s