Posted in Artikel dan Opini

Hari Pahlawan

Hampir terlewatkan, ternyata hari ini tanggal 10 Nopember 2015. Dalam setiap kalender sejak dari SD hingga sekarang tetap ada tertulis bahwa tanggal 10 Nopember adalah peringatan hari Pahlawan. Namun sayang terkadang sebagian kita sudah ada yang lupa apalagi generasi setelah reformasi.

Pagi ini saya juga hampir lupa, dan saat teringat,  itupun takala suara pembaca berita televisi memperdengarkan bahwa hari ini adalah peringatan hari pahlawan. Melihat seragam sekolah anak yang hanya mengenakan pakaian olahraga, lantas saya bertanya, “Tak Upacara Bendera kah hari ini nak ?, biasanya dalam rangka memperingati hari Pahlawan ada Upacara Bendera,”.

Pertanyaan itu tanpa sadar keluar, dan saya pun baru tersadar bahwa pertanyaan saya tidak akan mendapat jawaban, sebab si anak belum tahu apa itu hari Pahlawan, maklum baru saja duduk dibangku Sekolah Dasar kelas satu dan belum pernah mengikuti kegiatan peringatan hari pahlawan. Saya juga baru menyadari bahwa, sudah lama sekali tidak pernah lagi ada peringatan hari Pahlawan disini.

Dahulu waktu duduk dibangku Sekolah Dasar, setiap tahun tak pernah terlewatkan memperingati hari Pahlawan dengan menghadiri Upacara Bendera di Lapangan Kecamatan. Pagi-pagi sudah rapi dengan seragam sekolah dan berbaris terlebih dahulu di halaman sekolah untuk mendapatkan sedikit pengarahan dari guru atau kepala sekolah.  Dengan lantang dan jelas bapak kepala sekolah memberikan pengarahansembari bertanya “apakah dirumah sudah sarapan,  karena hari ini kita akan berangkat ke lapangan upacara untuk bersama–sama menghadiri upacara bendera dalam rangka memeperingati hari Pahlawan”.

Ditengah semangat Nasionalisme yang semakin menurun, terutama untuk generasi muda, rasanya eloklah kita kembali melihat kebelakang. Mendengar, membaca dan merenungkan kembali tentang nilai-nilai kejuangan yang ada pada diri para pahlawan bangsa dalam rangka berjuang mempertahankan tanah air dari rongrongan bangsa-bangsa penjajah.

Semangat dan pengorbanan para pejuang bangsa ini perlu diteladani dalam rangka mengisi pembangunan dan meneruskan perjuangan mereka. Mereka rela berkorban dengan segala yang dimiliki. Hasil jerih payah para pejuang ini kita rasakan sekarang adalah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disini kita dilahirkan, disini kita dibesarkan, disini kita hidup dengan karunia Allah yang melimpah ruah,  patut kita syukuri dan berterimakasih kepada andil jasa-jasa para pejuang bangsa.  Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan dan pejuangnya.

Ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, semua serba mudah, semua serba instan. Jangan biarkan generasi muda kita terjebak dan terbuai dengan yang serba instan. Karena mencapai sesuatu itu perlu pengorbanan dan perjuangan.

Dalam diri para generasi muda kita perlu terus ditanamkan semangat yang dimiliki oleh para pejuang kemerdekaan. Salah satunya adalah dengan mengenang kembali, membaca dan mempelajari peristiwa-peristiwa heroik untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dalam rangka menjaga, mempertahankan tanah air serta mengisinya dengan pembangunan yang baik dalam rangka mencapai kesejahteraan rakyat lahir dan batin.

Dulu berjuang dengan mengangkat senjata, sekarang mungkin tidak semua mengangkat senjata. Semua kita perlu memberikan sumbangsih sebagaimana pejuang kemerdekaan dengan cara kita masing-masing.

Ada banyak pahlawan kemerdekaan, namun bukan gelar pahlawan itu yang ingin ditonjolkan. Teruslah berkarya untuk bangsa karena yang menilai kita pahlawan atau tidak itu adalah waktu dan orang yang merasakan hasil jerih payah perjuangan, karya, sumbangsih tanpa henti yang diberikan untuk bangsa dan negara.

Selamat Hari Pahlawan, semoga jasa-jasa para Pahlawan Bangsa mendapatkan ganjaran setimpal, dan selalu menjadi inspirasi setiap anak bangsa untuk berbuat yang terbaik bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wallahu’alam

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s