Posted in Kajian Islam

BERDO’A DI AKHIR TAHUN DAN AWAL TAHUN

Pada hari ini kita telah memasuki tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1437 H /14 Oktober 2015. Melihat Kodrat dan kebiasan kita sebagai manusia tidak ada seorang pun selama hidup dalam satu tahun yang bisa terhindar dan bersih dari perbuatan dosa dan kesalahan. Hampir setiap kita manusia dikotori dengan dosa dan kesalahan baik itu yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Dan sangat berdosa lagi bagi kita hamba yang tidak mau mengakui perbuatan dosa dan kesalahan kita, apalagi yang tidak mau bertobat. Orang yang selalu merasa dirinya bersih dari dosa dan kesalahan maka orang yang semacam ini bisa jadi ada dalam pengaruh setan yang pekerjaannya memang ingin selalu menjerumuskan manusia dalam kehinaan dan jauh dari rahmat Allah SWT.

Agar kita sebagai umat islam tidak termasuk kedalam orang yang selalu dalam pengaruh setan, marilah setiap akhir tahun berdo’a kepada Allah SWT, mengakui kesalahan-kesalahan kita selama ini. Dan menyadari bahwa tidak ada yang bisa dan berhak mengampuni kesalahan dan dosa kita kecuali Allah SWT.

Dengan demikian kita telah menjalankan salah satu perintah-Nya dan semoga kita akan selalu mendapat ridha-Nya pada tahun tahun berikutnya. Semoga dengan ridha Allah SWT kehidupan kita akan menjadi tenang, tentram dan jauh dari segala macam halangan dan rintangan.

Dalam kurun waktu satu tahun itu pula setiap kita akan mengalami berbagai macam corak kehidupan yang berbeda-beda. Ada yang merasa dalam satu tahun itu dia mengalami nasib baik dan selalu mujur. Segala yang diupayakannya berjalan lancar dan banyak rezeki melimpah datang. Didalam keluarga dan kesehatan juga berjalan dengan baik, tidak pernah sakit yang banyak mengeluarkan biaya, dan dalam kehidupan keluarga tidak pernah terjadi percekcokan dan selalau harmonis berjalan sebagaimana apa adanya.

Sebaliknya jika kita mengalami hal yang berlawanan dengan keadaan diatas dan dalam tahun ini merasakan sebagai tahun yang tidak membawa keberuntungan dan keberkahan, baik dalam usaha, keluarga maupun kesehatan dan lain sebagainya, marilah kita berusaha untuk menghindarinya dengan memulai hidup baru dan lembaran baru pula.

Bagi kita yang tahun kemaren bernasib baik, berharap semoga akan terus bartambah dan membawa berkah, sedangkan yang belum mendapatkan nasib baik baiklah kita berdo’a di awal tahun baru ini, semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan pertolongan-Nya dari segala macam bencana dan godaan setan. Dan membawa kebahagian  dan ketentraman lahir dan batin serta mengutus malaikat untuk selalu menjaga kita agar terhindar dari perbuatan tercela dan tipu daya setan serta nafsu angkara murka yang bisa membawa kepada kehancuran dalam kehidupan kita.

Mari kita amalkan untuk membaca do’a yang telah diajarkan oleh para orang-orang saleh terdahulu, sebagaimana yang saya nukilkan terjemahan do’a Akhir dan Awal Tahun dari berbagai sumber sebagai berikut

Do’a Akhir Tahun :

“Dengan menyebut nama Allah Yang Pengasih dan Penyayang,

Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan salamnya kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya. Ya Allah apapun yang telah aku lakukan dalam tahun ini berupa apa saja yang Engkau telah mencegahku daripadanya, padahal aku belum bertaubat dan Engkau belum merelakannya serta belum melupakannya, dan Engkau telah mengasihi aku disaat-saat Engkau kuasa menyiksaku, dan Engkau telah mengajakku bertaubat daripadanya setelah aku berani menjalankan maksiat kepada-Mu, maka sesungguhnya aku minta ampun kepada-Mu. Oleh sebab itu ampunilah aku dengan anugerah-Mu. Ya Allah, apapun yang aku lakukan dalam tahun ini, berapa saja yang Engkau telah merelakannya dan telah menjanjikan kepadaku atasnya, maka sekarang aku meminta kepada-Mu, wahai Dzat Yang Mulia, yang mempunyai Sifat Agung dan mempunyai sifat Mulia, agar Engkau menerimanya dariku dan janganlah memutuskan pengharapanku dari-Mu, wahai Dzat Yang Mulia. Dan semoga Allah melimpahkan Rahmat dan Salam-Nya kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

Do’a Awal Tahun :

“Dengan menyebut nama Allah Yang Pengasih dan Penyayang,

Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan salamnya kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, Engkaulah yang Abadi, Dahulu, Lagi Awal, dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan kedermawanan-Mu tempat-tempat bergantung. Ini tahun baru benar-benar telah menghadap (datang). Kami meminta kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan balatentaranya. Dan kami minta bantuan untuk mengalahkan hawa nafsu yang mengajak keburukan dan kami minta bantuan agar dapat sibuk dengan sesuatu yang dapat mendekatkan  kami kepada-Mu, wahai Dzat yang mempunyai Keagungan dan Kemuliaan. Dan semoga Allah melimpahkan Rahmat dan Salam-Nya kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Wallahu’alam

Catatan : Tulisan ini disarikan dari berbagi sumber

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s