Posted in Kajian Islam

LAFAZ ALLAH DI DAGING QURBAN

Lafaz Allah yang terdapat dalam irisan daging Qurban Kelompok Kantor Camat Tempuling tanggal 10 Zulhijah 1436 H
Lafaz Allah yang terdapat dalam irisan daging Qurban Kelompok Kantor Camat Tempuling tanggal 10 Zulhijah 1436 H/24 September 2015

Lafaz bertuliskan Allah tanpa diduga dan disadari sebelumnya dijumpai pada potongan atau irisan daging qurban yang dilaksanakan kelompok qurban Kantor camat Tempuling tahun ini 1436 H/2015 M.

Berawal dari salah seorang panitia qurban yang bernama Asan yang beralamat di RT. 11 Kelurahan Sungai Salak. Beliau adalah termasuk juga panitia sebagai pekerja dan pemotong sapi qurban, dimana Kamis tanggal 24 September 2015 bertepatan dengan 10 Zulhijah 1436 H, tepat pukul 21.00 WIB, istrinya sedang merebus potongan daging sapi qurban yang dia peroleh dari pembagian kelompok qurban Kantor Camat Tempuling.

Disaat merebus daging itulah tak disangka muncul potongan dan irisan daging sapi yang bertuliskan lafaz Allah. Mengetahui dan mengalami peristiwa tersebut maka Asan langsung memberitahukan kepada ketua kelompok Panitia Qurban Kantor Camat Tempuling. (Posmetro Indragiri, Sabtu 26/9/2015).

Peristiwa dan kejadian seperti ini sesungguhnya telah juga terjadi dibeberapa belahan dunia. Ada banyak lafaz-lafaz Allah yang terlihat, misalkan di irisan buah, di dalam batu akik, di angkasa berupa awan dan cahaya dan lain sebagainya.

Tanda-tanda sebagaimana tulisan yang berlafazkan Allah SWT ini bagi sebagian orang merupakan hal yang menakjubkan dan yang demikian ini terkadang dapat membawa orang yang melihatnya menjadi takjub, sehingga bertambahlah rasa keimanannya dan kepercayaannya kepada Allah SWT.

Sebaliknya ada juga orang yang melihatnya biasa saja, dan menganggap peristiwa atau kejadian seperti ini merupakan pertanda sehingga mereka bisa mengambil iktibar atas apa yang dilihat dan dialaminya.

Penemuan dan kejadian terdapatnya lafaz Allah di daging Qurban ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 M dimana pada saat-saat ini dinegeri kita masih dalam keadaan sulit menghadapi bencana asap akibat kebakaran hutan telah berbulan-bulan menerpa beberapa daerah.

Banyak saudara-saudara kita khususnya di Sumatera dan Kalimanatan menderita akibat kepungan asap ini. Korban sudah berjatuhan dimana penyakit ISPA mulai bermunculan, tak terkecuali saya sendiri juga mengalaminya.

Dilain tempat pada saat ini pula saudara-saudara kita tengah berada di Tanah Suci Mekah Arab Saudi untuk menunaikan Ibadah Haji tahun 2015. Sebagaimana yang kita ketahui dari informasi beberapa media cetak dan elektronik bahwa sebelum puncak haji tahun ini ada musibah yang terjadi di tanah suci umat Islam itu yakni Mekah dan Madinah.

Badai Pasir yang melanda kedua kota itu, diiringi dengan hujan deras disertai salju dan angin kencang melanda kota Mekah sehingga menjatuhkan alat berat crane pekerja yang sedang melaksanakan perluasan Masjidil Haram.

Pada kejadian jatuhnya crane itu telah menimbulkan korban jiwa dan luka-luka para jemaah. Tidak terkecuali juga jemaah Indonesia ada yang meninggal dunia dan terluka.

Disaat hendak melaksanakan puncak Haji yakni wukuf di padang Arafah juga terjadi insiden dan musibah yakni runtuhnya beberapa tenda jamaah akibat terpaan angin kencang dan badai yang menerpa padang Arafah.

Keesokan harinya juga disaat para jamaah akan bertolak hendak melaksanakan lontar jumroh juga terjadi musibah yang sampai saat tulisan ini dibuat belum pasti berapa jumlah korban meninggal dan luka-luka yang teridentifikasi akibat terinjak berdesak-desakan saat dalam perjalanan menuju jamarat, yang jelas sudah ratusan orang jemaah haji dinyatakan meninggal.

Kembali ke hal tulisan dan Lafaz Allah yang muncul diberbagai tempat, sebenarnya Allah SWT. telah menjelaskan dalam Al Qur’an. Allah SWT berfirman : “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami disegala penjuru bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bahwa Al Qur’an itu adalah benar. Tidakkah cukup bahwa bahwa Tuhan mu menjadi saksi atas segala sesuatu ?” (Al-Fushilat:53)

Menyikapi peristiwa ditemukannya Lafaz Allah di irisan daging qurban ini saya pribadi sebagai orang awam berfikir dan menyimpulkan bahwa kita tidak perlu heran, karena Allah SWT telah menjelaskan sebagaimana ayat Al Qur’an di atas, yang perlu kita lakukan dalam menghadapi peristiwa ini adalah dengan banyak bertafakur, instrospeksi diri dan menyikapi peristiwa ini dengan sikap sebagai berikut :

  1. Seandainya peristiwa kemunculan lafaz Allah pada irisan daging qurban yang tengah direbus oleh salah satu warga kita itu adalah pertanda bahwa itu adalah karunia dari Allah SWT atas pelaksanaan qurban kita tahun ini, maka kita patut bersyukur semoga ibadah qurban yang kita laksanakan diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan ganjaran yang baik dari Allah SWT.
  2. Sebaliknya kita juga perlu merenung dan tafakur serta istighfar sejenak, dengan adanya peristiwa ini dan peristiwa sebelumnya dengan banyaknya musibah yang ditimpakan kepada kita baik kita di tanah air dengan bencana asap dan gempa bumi di sorong dan papua, maupun saudara-saudara kita di tanah suci dengan badai pasir, hujan dan angin kencang, jatuhnya crane dan tragedi di mina saat hendak melontar jumrah, boleh jadi Allah SWT menegur kita dengan memunculkan Lafaz Allah SWT di daging Qurban itu sebagai peringatan agar kita selalu mengingat Allah SWT dalam setiap langkah dan meluruskan kembali niat kita semua dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT agar dalam beribadah dan bertingkah laku di alam-Nya ini benar-benar semata-mata hanya mencari ridho Allah SWT, mengagungkan dan menjungjung perintah-Nya dan bukan yang lainnya.

Para guru-guru kita, ustad-ustadz kita selalu menganjurkan agar kita tetap berprasangka baik terhadap Allah SWT dan bersikap sabar menghadapi musibah dan cobaan, dan setiap kejadian yang menimpa kita tentu ada hikmah yang dapat kita petik dan ambil sebagai pelajaran.

Wallahu’alam

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s