Posted in Kepegawaian

Cara Melakukan Registrasi Ke Sistem e-PUPNS 2015 Versi 2.0

Berdasarkan peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara Elektronik (e-PUPNS 2015), bahwa pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil secara Elektronik (e-PUPNS) tahun 2015 secara Nasional akan dimulai pada tanggal 1 September 2015 s.d 31 desember 2015.

Sanksi bagi PNS yang tidak mengikuti e-PUPNS Tahun 2015 akan dikeluarkan dari database kepegawaian nasional dan proses pelayanan mutasi kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses.

Registrasi PUPNS 2015 dapat dilakukan dengan menggunakan web browser pada komputer ataupun laptop yang bisa terhubung dengan internet melalui portal PUPNS 2015.

Berikut ini saya informasikan petunjuk untuk melakukan registrasi ke portal e-PUPNS 2015 bagi PNS :

1. Masuk ke alamat portal PUPNS 2015, klik menu Register dan Klik tombol Daftar untuk melakukan registrasi ke sistem e-PUPNS seperti gambar berikut :

12. Isikan Nip Baru (18 digit), kemudian klik tombol Cari pada form registrasi akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini :

2

Kolom Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Instansi dan NIK akan menampilkan otomatis data sesuai dengan database BKN. Jika terjadi perbedaan nama Instansi, mohon untuk tidak melanjutkan proses registrasi tetapi masuk ke Sistem Helpdesk dengan menekan tombol MERAH  untuk diubah data nama Instansi.

Jika NIP Baru sudah terdaftar, maka akan muncul validasi NIP ini sudah terdaftar

3. Isi alamat email yang aktif untuk mengirimkan notifikasi pendaftaran, kemudian klik tombol Lanjut Form isian akan ditampilkan seperti gambar berikut ini :

34. Isi kolom Kata Kunci minimal 8 karakter. Kemudian ulang kembali isi Kata Kunci pada kolom Konfirmasi Kata Kunci.

5. Isi kolom Nama Ibu Kandung.

6. Pilih atau masukan Pertanyaan Pengaman kemudian isilah kolom Jawaban Pertanyaan Pengaman yang sesuai.

7. Masukkan Kode Captcha yang terlihat, kemudian klik tombol Registrasi Jika kembali ke halaman sebelumnya klik tombol Kembali

8. Jika Registrasi telah berhasil maka akan ditampilkan Form Bukti Registrasi sebagai berikut :

4

Untuk mencetak bukti registrasi klik tombol Cetak. Hasil cetak form bukti registrasi seperti gambar di bawah ini :

5

9. Untuk kembali ke Menu Login, klik tombol Menu

Selanjutnya untuk Log In ke aplikasi guna melakukan pengisian data dan validasi data masing-masing, harus menghubungi terlebih dahulu admin guna dilakukan autentifikasi kode register pendaftaran dengan cara menghubungi bagian kepegawaian setempat, Jika sudah didetujui oleh admin baru kita bisa melakukan proses pengisian data, Selamat bekerja.

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

4 thoughts on “Cara Melakukan Registrasi Ke Sistem e-PUPNS 2015 Versi 2.0

  1. Ass. terimakasih atas kunjungannya, coba login ke sistem, pilih atau klik “lupa kode registrasi” dibawah yang tulisan biru dan selanjutnya ikuti saja langkah langkahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s