Posted in Kepegawaian

MENGIKUTI SOSIALISASI E-PUPNS 2015 DI BKD KAB. INHIL

Untuk mendukung penyelenggaraan manajemen, penyimpanan, pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi maka diperlukan database Aparatur Sipil Negara yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, perlu dilakukan pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil secara online dan terintegrasi antar Instansi Pemerintah baik Pusat dan atau Daerah.

Berkenaan dengan hal tersebut  Kamis tanggal 20 Agustus 2015 dilaksanakan sosialisasi dan penjelasan tentang penerapan dan implementasi E-PUPNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

Peserta adalah para pejabat yang berwenang menangani masalah kepegawaian yakni kepala sub bagian kepegawaian masing-masing SKPD dan dinas instansi. Kebetulan Subbagian Kepegawaian kami tidak bisa hadir berhubung berhalangan, maka saya ditugaskan untuk menggantikan beliau.

PUPNS
Persiapan Sosialisasi di Aula BKD Kab. Inhil Tembilahan

Dari awal saya sudah membayangkan bahwa kegiatan yang bersifat dan berbau elektronik  ini sudah dapat dipastikan akan berhadapan dengan komputer dan internet. Maka saya putuskan membawa dua orang staf untuk sama-sama belajar dengan harapan nantinya bisa membantu kasubag kepegawaian yang tidak begitu familiar dengan yang namanya internet agar bisa mudah dalam menjalankan program E-PUPNS tahun 2015 ini.

Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) merupakan suatu sistem yang dibangun dengan terknologi berbasis web, saat ini untuk pengguna dapat mengakses dengan menggunakan web browser melalui alamat : http://pupns.bkn.go.id

Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) berfungsi sebagai perangkat (tool) dalam  mendukung kegiatan pendataan ulang PNS, sistem ini juga berfungsi sebagai sarana untuk membangun komunikasi antar semua pihak yang terkait dalam proses pendataan ulang PNS baik Instansi Pusat maupun Daerah.

Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik yang selanjutnya disingkat e-PUPNS adalah proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Tujuannya adalah untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN yang mendukung pengelolaan manajemen ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara.

Adapun sanksi bagi PNS apabila PNS tidak melaksanakan pemutakhiran  data melalui e-PUPNS pada periode yang telah ditentukan, data PNS tersebut akan dikeluarkan dari database kepegawaian nasional.  Akibat dari data PNS yang dikeluarkan sebagaimana dimaksud maka pelayanan mutasi kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses.

Untuk itu marilah kita semua secara serius melakukan pemutakhiran data masing-masing melalui e-PUPNS ini sesuai dengan periode waktu yang telah ditentukan agar terhindar dari dikeluarkannya database kepegawaian kita.

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s