Posted in Perjalanan Kehidupan

Selamat Idul Fitri 1 SYAWAL 1436 H

Sudah hampir dipenghujung perjalanan kita menempuh Puasa Ramadhan tahun ini. Tinggal beberapa saat lagi kita akan meninggalkan Bulan Ramadhan 1436 H.  Dan akan memasuki Idul Fitri dengan penuh kegembiraan dan kemenangan, tentu bagi mereka yang sukses dan berhasil menjalani Ramadhan dengan baik dan benar.

Dikisahkan dalam suatu riwayat, bahwa Rasulullah SAW menceritakan, bahwa apabila sampai pada akhir bulan Ramadhan maka menangislah tujuh lapis langit, tujuh lapis petala bumi dan seluruh malaikat. Hal ini disebabkan umat Nabi Muhammad SAW mendapat musibah yang amat besar, lalu orang menanyakan musibah apa yang ditimpakan pada umat Mu ya Rasulullah ?, lalu Rasulullah menjawab “Karena berangkatnya bulan suci Ramadhan meningggalkan kalian semua dan dia tidak akan kembali lagi untuk selama-lamanya, karena sesungguhnya didalam bulan Ramadhan itu segala ibadah dan do’a diterima Allah SWT dan segala sedekah diterima dan dilipatgandakan oleh Allah SWT pahalanya, juga segala perbuatan baik yang dilakukan hamba akan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda demikian juga dengan segala azab akan dijauhkan oleh Allah SWT.”

Suasana Lebaran Pertama 1436 H di Kampung, Belum Semua Ngumpul, Kalau Semua Ngumpul Tak Muat Rumah RSS
Suasana Lebaran Pertama 1436 H di Kampung, Belum Semua Ngumpul, Kalau Semua Ngumpul Tak Muat Rumah RSS

Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih bisa dan diberikan kesempatan oleh Allah SWT menjalani bulan Ramadhan tahun ini. Semoga segala amal ibadah kita yang kita jalani dan lakukan dibulan Ramadhan tahun ini diterima oleh allah SWT.

Baik itu ibadah wajib maupun ibadah sunah lainnya seperti sedekah, membaca Al Qur’an, zikir dan tasbih, iktikap serta menambah ilmu pengetahuan dengan cara mendatangi mesjid-mesjid untuk mendengarkan tausiah yang disampaikan para ustadz dan mubaligh selama bulan Ramadhan. Mari kita berdo’a agar dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan dan diberikan hidayah untuk dapat kembali melaksanakan dan mengisinya dengan amal kebaikan.

Dibulan Ramadhan biasanya kebiasaan kita jauh lebih baik dibanding dengan bulan bulan lainnya. Hal ini tercermin dengan meningkatnya kebaikan yang kaum muslimin dan muslimat lakukan.

Dibulan ini sikap orang lebih dermawan, dimana mana orang berlomba-lomba berbuat kebaikan dan tidak sungkan sungkan untuk berbagi kepada sesama dan peduli kepada sesama.

Orang-orang kaya dan berkecekupan berbondong-bondong mengeluarkan dan membayarkan zakat sebagai kewajibannya. Yang diperantauan bersiap-siap kembali ke kampung halaman dengan membawa berbagai macam bingkisan untuk sanak keluarga.

Jalinan silaturahmi juga terasa kental dilakukan didalam bulan Ramadhan. Tak jarang warga sekampung yang jauh di perantauan akan berusaha memanfaatkan bulan ini untuk kumpul dan silaturahmi. Tak peduli jauh tempatnya, jika ada undangan tentu akan didatangi dan dihadiri.

Semua orang menjadi baik di bulan ini. Seandainya semua orang memperlakukan semua bulan seperti bulan Ramadhan, alangkah indahnya kehidupan ini. Tapi semua bulan sudah ditetapkan oleh Allah SWT, tak mungkin semua bulan dibalikan menjadi bulan Ramadhan. Yang mungkin bagi kita adalah menjalani bulan bulan sesudah bulan Ramadhan sebagaimana kita menjalani bulan Ramadhan itu sendiri adalah hal yang paling diharapkan. Karena tujuan puasa itu sendiri adalah agar kita menjadi manusia manusia yang banyak memberi dan memperhatikan sesama, bersabar dan mensucikan diri, melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Allah Swt. sehingga benar-benar menjadi orang yang bertaqwa.

Bertaqwa diartikan sebagian ulama adalah menjadi manusia yang tawadu, qanaah, wara dan amanah. Jika kita benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT maka sikap kita akan seperti demikian dan jika sudah demikian semua orang bersikap, maka kita akan selalu meraih kemenangan.

 “Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1436 H, Maaf Lahir dan Batin”

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s