Posted in Ekonomi dan Bisnis

Diantara Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fluktuatifnya Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Belakangan persoalan pertumbuhan ekonomi tengah mengemuka dan banyak dibahas di media, oleh karena pada paruh pertama tahun 2015 ini pertumbuhan ekonomi kita diprediksi mengalami koreksi dan tidak mencapai angka yang ditargetkan diatas 5 persen. Mengingat berbagai sektor dan faktor pendorong pertumbuhan ekonomi itu sendiri masih belum berjalan sebagaimana mestinya.

Berbicara soal pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi maka kita akan memasuki ranah ekonomi makro dimana disiplin ekonomi makro akan membahas hal-hal secara makro dan menyeluruh dalam suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai perkembangan setiap kegiatan dalam perekonomian yang dapat menyebabkan barang maupun jasa yang diproduksi dalam masyarakat mengalami penambahan. Didalam prakteknya pertumbuhan ekonomi dapat dihitung dengan melakukan perbandingan Produk Domestik Bruto (PDB) tahun tertentu dengan Produk Domestik Bruto (PDB) tahun sebelumnya.

Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah dari semua nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh semua masyarakat pada suatu negara dalam kurun waktu satu tahun, termasuk didalamnya barang maupun jasa yang dihasilkan oleh warga negara asing yang terdapat dalam wilayah negara itu.

Dengan demikian pertumbuhan ekonomi dapat juga dimaknai sebagai suatu kondisi perekonomian yang menunjukan adanya peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Setiap negara atau Pemerintah akan mendambakan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang optimal. Namun terkadang tidak tercapai dikarenakan banyaknya tantangan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang optimal sesuai dengan yang dikehendaki.

Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara bersifat fluktuatif atau berubah-ubah, kadang mengalami kenaikan dan terkadang bisa juga mengalami penurunan.

Secara sederhana ada beberapa faktor yang menyebabkan fluktuatifnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi berdasarkan teori yang pernah dipelajari. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah, faktor sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), tingkat kemajuan dan perkembangan teknologi dan ketersediaan modal.

  1. Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM menjadi faktor yang sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, hal ini dikarenakan dalam proses produksi, peran sumber daya manusia sangat penting. Hal ini dikarenakan SDM berfungsi sebagai tenaga kerja, sebagai pengusaha dalam dan untuk mengkombinasikan berbagai faktor produksi dalam rangka untuk menghasilkan barang dan jasa. Disamping itu dengan adanya sumberdaya manusia (SDM) yang baik maka akan dapat bermanfaat dalam rangka menciptakan teknologi dan sistem kerja yang baik dan efisien dalam rangka melaksanakan proses produksi barang dan jasa. Jadi jika suatu negara menghendaki pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang tinggi, maka mesti meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terlebih dahulu dengan cara mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan pelatihan dan keterampilan dan membina sikap dan pola pemikiran posistif manusianya.

  1. Faktor Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam juga disebut sebagai faktor produksi alam, dan sangat penting dalam mempengaruhi turun naiknya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi suatu negara. Hal ini dikarenak dengan adanya SDA yang cukup dan berlimpah ditambah dikelola dengan baik maka akan dapat meningkatkan pendapatan domestik bruto (PDB) suatu negara. Dengan PDB yang tinggi maka dapat membuat meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

  1. Faktor Perkembangan Ilmu dan Teknologi

Teknologi merupakan salah satu faktor penentu kenaikan dan penurunan pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi. Hal ini dikarenakan dengan penguasaan teknologi yang baik akan dapat memudahkan suatu negara dalam mengolah sumberdaya yang dimiliki sehingga dapat mencapai tingkat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang tinggi. Penguasaan teknologi yang baik akan dapat membawa suatu negara melakukan proses produksi dengan cepat dan efisisen dan dapat memproduksi barang lebih banyak dan lebih baik dengan biaya pruduksi yang lebih sedikit.

  1. Faktor ketersediaannya Modal

Modal sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, baik berupa barang maupun berupa uang. Untuk negara-negara baru berkembang pada umumnya mempunyai ketersediaan modal yang relatif rendah. Rendahnya ketersediaan modal ini disebabkan kemampuan saving (menabung) penduduk suatu negara yang rendah. Kemampuan saving yang rendah disebabkan oleh rendahnya pendapatan penduduk suatu negara. Rendahnya pendapatan diakibatkan pula oleh rendahnya produktivitas suatu negara. Tingkat produktivitas rendah ini disebabkan oleh tingkat pembentukan modal yang juga masih rendah, sehingga kegiatan investasi dalam berbagai sektor tidak berkembang dan berjalan.

Maka dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi maka harus dapat memperbaiki dan memutuskan lingkaran tersebut diatas agar suatu negara terbebas dari kemiskinan. Misalnya dengan melakukan investasi yang kebih besar, meningkatkan keahlian dan keterampilan penduduk suatu negara dan menekan laju perkembangan dan pertambahan penduduk.

Demikian diantaranya secara sederhana beberapa faktor yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara. Jadi bila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan ekonominya, maka mesti membenahi empat hal diatas dan mengusahakan untuk meningkatkan empat faktor tersebut, dan jangan mengabaikannya.

Wallahu’alam…

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s