Posted in Kajian Islam

KULTUM JELANG SHOLAT ZUHUR

Suasana setelah Sholat Zuhur di Mesjid Besar Nurul Hidayah Sungai Salak, terlihat sepi.
Suasana setelah Sholat Zuhur di Mesjid Besar Nurul Hidayah Sungai Salak, terlihat sepi.

Sudah 20 hari kita menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan tahun 1436 H/2015 M. Semoga ibadah puasa yang kita jalankan diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda sehingga akan menjadi tabungan buat kita kelak di akhirat.

Dalam bulan Ramadhan amal ibadah dinilai berlipat ganda baik itu ibadah wajib maupun ibadah sunah. Di bulan Ramadhan biasanya kaum muslim berbondong bondong pergi ke Mesjid dan tempat ibadah untuk melakukan ibadah, baik itu ibadah wajib maupun ibadah sunah.

Kebiasaan selama bulan Ramadhan orang berbondong-bondong ke tempat ibadah setiap tahun tak bisa dibantah dan merupakan kenyataan, karena semua ingin mendapatkan fadilah bulan Ramadhan. Andai pemandangan seperti ini tidak saja hanya pada bulan Ramadhan alangkah gembiranya tempat ibadah menyaksikannya.

Setiap waktu Mesjid ramai dikunjungi oleh jamaah, mulai dari sholat subuh, zuhur, ashar, manghrib, isya dan sholat sunat tarawih. Pemandangan ini akan jauh kontras jika dilihat tidak pada bulan Ramadhan. Jamaah tidak seramai di bulan ramadhan, apalagi jika sholat subuh, yang ada kebanyakan hanya para orang-orang tua.

Padahal jika kita tahu menghadiri sholat subuh berjamaah di mesjid pahalanya sangatlah besar dan sholat subuh itu disaksikan oleh para malaikat. Tidak ada yang lebih baik dari seisi dunia ini dibanding dua rakaat sholat di waktu subuh.

Alangkah baiknya momentum Ramadhan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Baik untuk melaksanakan ibadah maupun mengkaji ilmu ilmu yang bermanfaat dengan cara membaca kitab dan mendengarkan ceramah agama.

Di Mesjid Besar Nurul Hidayah Sungai Salak apabila memasuki bulan Ramadhan setiap malam menjelang sholat tarawih jamaah diajak untuk sama –sama mendengarkan tausiah/ceramah agama Ramadhan yang disampaikan oleh para Penceramah yang sudah di jadwalkan. Setiap malam penceramah secara bergantian mengisi ceramah dihadapan jamaah.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka mengkaji dan mengulang-ulang kembali ilmu ilmu agama serta menambah wawasan jamaah yang berkaitan dengan ibadah puasa Ramadhan dan ibadah lainnya.

Kalau boleh Ramadhan tahun depan saya mengusulkan dan menghimbau agar perlu juga kita pikirkan sama-sama untuk lebih memakmurkan Mesjid Besar Nurul Hidayah Sungai Salak, melaksanakan kegiatan Tausiah Ramadhan atau kultum dan sejenisnya menjelang sholat zuhur, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Mesjid Agung Al-Huda Tembilahan. Kita perlu mencontoh hal-hal yang baik bukan ?

Kita manfaatkan para penceramah penceramah yang muda dan berpotensi. Dan jika tidak memadai boleh juga melibatkan kaum pendidik semisal Dosen, Guru dan unsur Pemerintah serta Instansi lainnya yang bersedia dan berdomisili di Kecamatan Tempuling untuk turut berpartisipasi mengisi jadwal ceramah/kultum menjelang sholat fardhu zuhur di Mesjid Kesayangan kita ini.

Mudah-mudahan dengan adanya kegatan pengisian ceramah menjelang sholat fardu zuhur ini di bulan Ramadhan jamaah sholat zuhur di Mesjid Besar Nurul Hidayah lebih banyak lagi dari biasanya. Semoga !

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s