Posted in Info Daerah

PATEN KECAMATAN

Rencana Ruangan PATEN Kecamatan Tempuling. Kondisi Masih Dalam Tahap Penyempurnaan
Rencana Ruangan PATEN Kecamatan Tempuling. Kondisi Masih Dalam Tahap Penyempurnaan

PATEN adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. PATEN dilaksanakan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Maksud penyelenggaraan PATEN adalah mewujudkan Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota, disamping itu PATEN mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Berkenaan aturan tersebut bahwa 2015 ini seluruh Kecamatan sudah harus melaksanakan PATEN, maka Kecamatan Tempuling akan memulai pelaksanaan PATEN tahun ini setelah Maret kemaren di Launching oleh Bupati Indragiri Hilir tentang Pelaksanaan PATEN di Kecamatan untuk Kabupaten Indragiri Hilir.

Persiapan sedang dan terus dilakukan, terutama tempat layanan PATEN itu sendiri sedang dipersiapkan sebaik mungkin sesuai dengan sumberdaya dan dana yang tersedia.

Mengingat keterbatasan sumberdaya terutama SDM, maka PATEN Kecamatan Tempuling masih dalam tahap proses dan sedang berjalan.

Nantinya PATEN Kecamatan Tempuling akan melayani Administrasi Perizinan dan Non Perizinan yang dilimpahkan Bupati kepada Kecamatan. Ada 13 Perizinan yang telah diberikan dan dilimpahkan Bupati kepada Kecamatan dalam rangka pelaksanaan PATEN sebagaimana Peraturan Bupati Indragiri Hilir Nomor 19 Tahun 2013 tentang Penguatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Semoga dengan adanya PATEN ini pelayanan masyarakat akan lebih baik dan terarah sebagaimana standar pelayanan yang telah dibuat dan disepakati. Disamping itu juga adanya kejelasan tentang uraian tugas masing-masing Aparatur Kecamatan, sehingga tidak ada lagi aparatur yang apabila ke kantor tidak tau tugas dan pekerjaaannya, karena semua ada SOP nya.

Hal ini dapat menghilangkan kesan Aparatur yang kerja tapi nganggur…. Semoga !

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s