Posted in Info Daerah

Kerja Tahunan PHBI, Perlombaan Bernuansa Islam

Penampilan salah satu peserta Lomba Shalat Subuh Berjamaah dalam rangka Kegiatan Menyambut Tahun Baru Islam 1433 H di Sungai Salak Kec. Tempuling
Sempena HUT KORPRI dan PGRI tahun 2011, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Tempuling bekerja sama dengan DP KORPRI dan PGRI Kecamatan Tempuling melaksanakan kegiatan lomba Maulid Habsyi.

Tanggal 15 Nopember 2011 pukul 21.30 wib selasa kemaren kegiatan telah dibuka yang rencananya dihadiri oleh kepala BPMPD Kabupaten Indragiri Hilir Edy Syafwanur, SE sekaligus membuka secara resmi, namun karena ada acara penting lainnya di Kabupaten maka pembukaan kegiatan diwakili sekretaris BPMPD.

Lomba Maulid Habsyi adalah salah satu kegiatan tahunan PHBI ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan dan mengisi kegiatan menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1433 H.

Dalam laporannya ketua PHBI Kecamatan Tempuling memaparkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah merupakan tindak lanjut dari saran dan arahan dari Kepala BPMPD Kab. Inhil Edy Syafwanur,SE pada acara yang sama tahun sebelumnya agar kedepan bisa lebih ditingkatkan.


“Tidak menutup kemungkinan jika even tahunan ini bisa dikemas dengan baik maka Tempuling bisa saja menjadi ikonnya Habsyi” papar ketua PHBI.

Selain itu kegiatan-kegiatan yang bernuansa islami ini ditujukan untuk lebih menghidupkan syiar islam ditengah-tengah masyarakat terutama untuk para generasi muda. Karena banyak dijumpai para generasi muda kita saat ini tidak tahu tentang perhitungan kalender Islam dan hari-hari besar serta bersejarah dalam Islam.

Perhitungan tahun pertama kalender Islam dimulai dari hijrahnya Rasulullah dari Mekkah ke Madinah yakni sekitar tahun 622 M. Adapun nama-nama bulan dalam kalender Islam atau Hijriah adalah :

Keterangan
Tanda kurung merupakan tahun kabisat dalam kalender Hijriyah dengan metode sisa yaitu 3-3-2 yang berjumlah 11 buah yaitu 2,5,8,10,13,16,18,21,24,26 dan 29. Sumber Wikipedia

***

Perlombaan Maulid Habsyi akan memperebutkan Piala bergilir Camat Tempuling. Disamping Perlombaan Maulid Habsyi, rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam ini dilaksanakan pula diskusi tentang Fiqh Islam Kontemporer dan perlombaan untuk anak sekolah berupa, Kaligrafi, shalat berjamaah, shalat jenazah dan membaca ayat Al Qur’an,

Antusiasnya para peserta lomba memeriahkan perayaan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1433 H
Pada kesempatan itu pula Camat Tempuling Syahbudi, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh panitia yang telah bekerja untuk mensukseskan kegiatan ini serta mengucapkan Selamat datang para peserta lomba yang datang dari Kecamatan tetangga di Kecamatan Tempuling, selamat berlomba semoga sukses.

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s