Posted in Senggang

Selamat Idul Adha 1432 H

Ilustrasi
Hari ini Sabtu 9 Dzulhijjah 1432 H, dan malam ini sebagaimana biasanya Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Tempuling akan mengadakan kegiatan Pawai Takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1432 H.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pawai takbir hanya dengan hiasan diatas kendaraan dorong alias gerobak, pawai takbir beberapa tahun belakangan ini sudah mengalami kemajuan yakni menggunakan kendaraan roda empat yang dihias dengan berbagai bentuk gambar. Ada yang berbentuk Mesjid, Surau dan biasanya pada saat hari raya Qurban kebanyakan menampilkan model gambar yang ada hubungan dengan Ibadah Qurban serta Haji, semisal gambar hewan dan miniatur kiblat umat muslim seluruh dunia yakni Ka’bah.

Semua patut bersyukur sebab perubahan ini merupakan indikator adanya kemajuan dan peningkatan di kehidupan masyarakat. Ringkasnya ada peningkatan ekonomi dari masyarakat yang dulu hanya mampu dengan kendaraan dorong sekarang sudah menggunakan kendaran yang menggunakan motor/mesin.


Kemajuan ini juga tidak terlepas dari upaya yang selama ini dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir untuk membangun sarana pendukung infrastruktur berupa pembangunan jalan akses untuk masuk dan keluar daerah yang dulunya sulit dijangkau.

Dengan terbukanya jalan akses dan meningkatnya taraf kehidupan ekonomi masyarakat, orang-orang pun makin tertarik untuk memiliki kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang disamping digunakan sebagai kendaraan pribadi juga digunakan untuk usaha yang bernilai ekonomi sebagai sumber nafkah penghasilan keluarga.

***

Masyarakat begitu antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan pawai takbir kali ini, terbukti peserta sedikit ada peningkatan dibandingkan dengan kegiatan yang sama pada Idul Fitri kemaren.

Sebagai catatan, peserta memang selalu antusias untuk berpartisipasi, dengan mengeluarkan segala daya dan upaya untuk menghias kendaraan yang bakal diarak untuk pawai, apalagi jika hadiah yang diberikan panitia bisa lebih besar dari sekarang. Misalnya seekor sapi atau Kambing mungkin hehehe.

Paradoks sekali dengan kepanitiaan yang saban tahun hanya itu-itu saja orangnya. Andai keadaan ini masih berlangsung untuk 5 – 10 tahun kedepan rasanya sang panitia sekarang sudah berkepala putih tanpa ada kader bakal pengganti.

Kendala klasik yang sering dijumpai dalam kegiatan seperti ini dari tahun ke tahun ya itu-itu saja. Disamping dana dan prasarana yang tidak memadai, yang membuat miris juga sulitnya melihat para generasi muda untuk mau terjun dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan. Padahal mereka sangat diharapkan untuk bisa menjadi kader pengganti kedepan.

Sekarang kampung ini sangat mengharapkan sekali ada generasi muda-generasi muda lainnya yang mau berkiprah untuk berbuat dalam segala segi kehidupan baik di pemerintahan maupun dimasyarakat sesuai dengan kemampuannya masing-masing untuk saling bersinergi, demi kemajuan dan perbaikan kampung ini.

Mudah-mudahan dengan semangat Idul Qurban, para generasi muda mau mengorbankan sedikit pikiran dan tenaganya untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Amin….

“Selamat Idul Adha 1432 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin”.

Wallahu’alam

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s