Posted in Info Daerah

Membumikan Olahraga Menyongsong PON Ke- XVIII 2012

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII yang bakalan dihelat di Riau September 2012 masih menyisakan cukup waktu sekitar tahunan lagi baru akan digelar. Perhelatan ini jika tidak ada aral melintang, maka Riau tercatat dalam sejarah untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke XVIII tahun 2012.

Berkenaan dengan itu kurang lebih setahun jelang perhelatan pesta olahraga empat tahunan ini Riau sebagai tuan rumah sudah mendapat apresiasi dan pujian dalam hal kesiapan sebagai tuan rumah. Tak taggung-tanggung komisi X DPR RI yang membidangi masalah pendidikan, olahraga dan kebudayaan langsung yang memberikan apresiasi tersebut setelah mendengar paparan Gubri dalam acara rapat dengar pendapat dengan menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malaranggeng beserta Gubri di Gedung DPR/MPR rabu 19 Januari 2011 (Riau Pos, 20/1/2011).

Selain itu Jika Riau sukses menjadi tuan rumah PON XVIII 2010 nanti berkemungkinan pula akan didaulat untuk menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games yang bakal diikuti oleh 57 Negara pada 2013 nanti, sebab Indonesia akan menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games tahun 2013. Sungguh Pekerjaan yang cukup berat memang namun suatu yang tak mustahil bisa diperankan olah Riau, mengingat efek positif yang diharapkan dari pelaksanaan even-even besar seperti ini.


Menjadi tuan rumah sebuah perhelatan yang berkaliber nasional bahkan internasioanl tidaklah gampang. Dan pekerjaan ini memerlukan persiapan-persiapan yang komprehensif mulai dari sarana dan prasarana, segi teknis dan nonteknis yang perlu dipersiapkan sampai sumberdaya pelaksananya yang cukup untuk menunjang kesuksesan. Berdasarkan paparan Gubri maka semua itu nyaris sudah terpenuhi terbukti adanya apresiasi dari Komisi X DPR RI.

Dan disamping kesiapan tersebut ada yang mungkin juga perlu disiapkan oleh kita semua masyarakat Riau yakni kesiapan ruh olahraga untuk mensukseskan even nasional ini yang mengalir dari seluruh lapisan masyarakat Riau.

Rasanya tidaklah berlebihan diawal tahun 2011 ini jika Gubri beberapa waktu yang lalu mencoba mambangkitkan ruh olahraga itu dengan memulai dari dirinya sendiri bersempena dengan peresmian salah satu sasana tinju untuk menantang mantan Juara dunia tinju kelas Bantam tahun 1980 an Ellyias Pical dalam pertandingan eksebisi. Pertandingan fenomenal ini tercatat sebagai pertandingan pertama seorang Gubernur di Indonesia yakni HM.Rusli Zainal berhadapan dengan seorang mantan petinju kelas dunia yakni Elliyas Pical.

Sungguhpun bukan pertandingan yang sesungguhnya dan sedikit menghibur namun saya yakin hal ini dilakukan Gubri bukan untuk mencari popularitas. Ada hal penting dan pesan penting yang terselip dalam kegiatan yang sedikit agak membuat publik merasa aneh dan lucu sekaligus menghibur menyaksikan pertandingan eksebisi ini terutama saya sendiri.

Terus terang saya ingin menyaksikan langsung namun tempat saya cukup jauh dari kegiatan ini maka tidak dapat secara langsung menyaksikannya. Saya hanya dapat informasi dari harian Riau Pos yang sejak pagi saya tunggu-tunggu untuk mengetahui apa hasil pertandingan eksebisi ini. Tepat jam 12.00 minggu 23 Januari 2011 koran Riau Pos saya terima, saya tidak dapat menahan tawa melihat gambar headline Riau Pos yang menyajikan pertarungan antara Rusli Zainal berhadapan dengan Elliyas Pical, dimana hock kiri Rusli Zainal mengenai wajah Ellyas Pical.

Pesan penting yang barangkali ingin disampaikan oleh orang nomor satu di Riau ini tidaklah berlebihan pula jika kita kaitkan dengan kegiatan PON ke XVIII 2012 yang akan digelar di Riau. Pesta olahraga empat tahunan ini mungkin begitu penting buat Riau karena jika Riau sukses menjadi tuan rumah maka adalah suatu prestasi tersendiri dan pencapaian ini juga sebagai ajang promosi untuk lebih memperkenalkan daerah Riau kepada dunia luar.

Banyak peluang mungkin yang bisa dimanfaatkan oleh semua elemen baik itu bidang pariwisata maupun bidang-bidang ekonomi lainnya untuk mencuri kesempatan dalam rangka mendongkrak dan mengexplor lagi potensi-potensi yang ada dan kita miliki di negeri kita ini sejalan dengan pelaksanaan PON ke XVIII 2012 ini.

Dan tak kalah pentingnya melalui pertandingan eksebisi ini Gubri ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat Riau untuk membangkitkan dan membumikan ruh olahraga jelang pelaksanaan PON ke XVII 2010 hingga selesainya nanti dalam rangka menunjang pelaksanaan dan suksesnya perhelatan ini.

Bagi generasi sekarang barangkali mereka hanya mengenal Chris John sebagai petinju Indonesia yang hebat di kelasnya, namun melalui pertandingan eksebisi ini secara tidak langsung kita diingatkan kembali khusus kepada generasi yang baru lahir di tahun 80 an, bahwa di era 80 an kita pernah punya juga petinju handal, juara dunia di kelasnya dan menjadi kebanggan tersendiri bagi bangsa Indonesia di kala itu dialah Ellyas Pical juara dunia kelas Bantam.

Semoga pesan untuk membumikan dan membangkitkan ruh olahraga kepada segenap lapisan masyarakat Riau ini disambut dengan antusias demi suksesnya Riau sebagai tuan rumah PON ke XVIII 2012, sukses sebagai tuan rumah dan sukses mengapai prestasi. Semoga…

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

One thought on “Membumikan Olahraga Menyongsong PON Ke- XVIII 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s