Posted in Senggang

Berbulutangkis Di Jum’at Pagi

Ada ungkapan, “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” alias “Mensana end Corporisano”. Logikanya dalam tubuh yang tidak sehat berkemungkinan akan mengidap jiwa yang tidak sehat/kuat pula, tapi entahlah, mungkin tergantung tubuh yang mana yang tidak sehat hehe…

Terus terang dan terang terus kalau diadakan riset sederhana saja kali, dilingkungan kerja ditempat saya mengabdikan diri barangkali tingkat kesehatan mulai dari level top sampai low employment mengalami masalah. Soalnya rata-rata tidak memiliki hoby olahbody alias olahraga, yang konon katanya dalam berbagai literatur mengatakan bahwa olahbody sangat baik untuk menunjang kesehatan.

Tidak semuanya memang, ada sebagian juga yang hoby dan memang memiliki kemampuan untuk beraktifitas memainkan beberapa cabang olahraga. Tapi bukan itu persoalannya, persoalan yang paling mendasar adalah kebiasan untuk mencoba hidup sehat dengan aktifitas berolahraga sama sekali low bet, dan seperti budayanya gak punya termasuk kali yang posting tulisan ini… hehehe…


Secara pribadi saya merasakan ada grafik penurunan tingkat kesehatan semenjak lebih kurang 10 tahun bekerja di dalam ruangan alias dikantor yang hari-hari duduk dibelakang meja. Ditambah pula dengan kurangya waktu untuk kegiatan olahraga, kalau tidak mau dikatakan malasnya berolahraga. Ada kekhawatiran tersendiri yang terkadang muncul dalam benak, kalau begini terus bisa-bisa penyakit akan datang duluan sebelum waktunya.

Banyak sudah contoh, usia muda sudah mengidap penyakit orang modern semisal, penyakit diabetes, kolestreol, ambeien, asam urat, kanker, gagal ginjal, stroke dan penyakit berbahaya lainnya. Menurut sebagian ahli kesehatan penyakit-penyakit ini timbul akibat pola hidup tidak sehat. Termasuk pola makan yang tidak teratur dan istirahat yang tidak benar, kurang berolahraga serta stress akibat kebanyakan beban kerja.

Perhatian pemerintah setempat sebenarnya sudah lebih dari cukup dengan memberikan waktu pada hari Jum’at untuk berseragam olahraga dan melakukan aktifitas olahraga. Namun sayang kesempatan ini tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Beberapa hari yang lalu saya mencoba memulai untuk mengajak rekan-rekan sekantor memanfaatkan waktu ini dengan melakukan aktifitas olahraga. Olahraga yang saya tawarkan adalah bermain Bulutangkis, yakni salah satu olahraga yang populer di negeri kita. Tidak ada persoalan lagi sebenarnya, fasilitas gedung dan lapangan untuk bermain sudah ada yakni lapangan di Gedung Serbaguna Pangkalan Tujuh Sungai Salak dan jaraknya pun tidak begitu jauh dari tempat kerja sehingga bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki sekitar 5 menit.

Dikali pertama sedikit tidak mendapat respon, namun saya tetap lakukan aktifitas secara bertahap walaupun hanya dengan bermain satu lawan satu alias partai tunggal. Alhamdulillah badan terasa segar setelah melakukan olahraga dan sedikit pegal-pegal. Dikali kedua Alhamdulilah ternyata sedikit ada kemajuan, rekan rekan sudah mulai bergabung dan datang ke gedung tempat bermain walaupun hanya datang dengan membawa badan saja tidak dibarengi dengan alat kelangkapan olahraga. Toh aktifitas berjalan dengan bergantian dan pinjam meminjamkan raket dan sepatu.

Terakhir ada kemajuan kembali, ide-ide muncul agar kegiatan terus dilanjutkan setiap hari Jum’at. Biasa sebagaimana pengalaman terdahulu kegiatan di awal-awal emang bagus namun diujungnya belum jelas. Makanya saya hanya berpesan motivasi untuk berbulutangkis dipagi jum’at fokus untuk olahraga porsi menjaga stamina dan kesehatan badan agar terhindar dari penyakit berbahaya yang saya sebutkan diawal-awal tadi dan dapat menunjang melakukan aktifitas kerja sehari-hari dikantor sehingga kinerja dan prestasi bertambah baik, dan daerah tidak mengalami kerugian membayar tunjangan kinerja dan prestasi, hahaha…..Wallahu’alam….

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s