Posted in Pendidikan

Website UNISI, Mungkinkah Sebuah Keharusan ?

Tanggal 22 Oktober 2008 sekitar setahun yang lalu saya memposting sebuah tulisan yang saya beri judul Sekilas Universitas Islam Indragiri (UNISI). Bahan dasar postingan tulisan saya tersebut seingat saya adalah brosur untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2008/2009.

Dalam memposting tulisan ini tidak ada maksud lain dan motif apapun dari saya selain hanya untuk mencoba mensosialisasikan keberadaan Universitas Islam Indragiri (UNISI) melalui teknologi informasi seperti internet yang sudah mulai berkembang sedikit demi sedikit di Indragiri Hilir.

Awalnya saya merasa bahwa saya mungkin dianggap lancang tanpa seizin pihak UNISI memposting tulisan tersebut. Namun saya berkeyakinan apa yang saya lakukan tidak akan menjadi permasalahan dan bahwa saya tidak mempunyai maksud dan tujuan apapun dari postingan tulisan tersebut selain hanya untuk mencoba memperkenalkan kepada semua orang bahwa di Indragiri Hilir tepatnya di kota Tembilahan ada sebuah Universitas yang bernama Universitas Islam Indragiri (UNISI).

Alasan lainnya adalah bahwa saya merasa memiliki sesuatu yang sangat patut bisa dibanggakan bagi daerah saya dan itu perlu untuk diketahui oleh saudara-saudara kita yang mungkin berasal dari Indragiri Hilir namun sekarang tidak berdomisili di Indragiri Hilir alias merantau baik itu bekerja atau masih menimba ilmu di daerah lain di Indonesia atau di luar negeri sekalipun.

Media internet yang saya pilih sebagai sarana untuk memperkenalkan UNISI saya rasa sangat tepat karena disamping jangkauannya sangat tidak terbatas dan apa yang saya kerjakan juga tidak memerlukan biaya yang berarti, karena saya memposting pada sebuah free blog yang baru saja saya buat diwaktu itu dan saya pun baru belajar menggunakannya. Disamping itu pula saya sendiri juga adalah salah seorang alumni Universitas Islam Indragiri (UNISI).

Waktu terus berjalan dan tanpa saya sadari sebelumnya ternyata postingan saya tersebut sangat banyak mendapat komentar dari pengunjung baik yang berasal dari Inhil sendiri maupun dari luar Inhil. Kebanyakan yang memberikan komentar adalah orang inhil sendiri baik yang tinggal di Inhil maupun yang berada di daerah luar Inhil.

Hingga tulisan ini saya buat saya sudah mendapati ada sekitar 64 komentar terhadap postingan tersebut. Komentar pengunjung sangat beragam mulai dari rasa bangga akan adanya UNISI, rasa ingin mengabdi di UNISI sampai kritikan terhadap UNISI dan ada juga konsultasi tentang urusan studi dan perkuliahan di UNISI. Para pengunjung juga beragam mulai dari inhil sendiri hingga luar daerah, namun rata-rata mereka adalah mengaku putra kelahiran Inhil.

Terus terang dan saya memohon maaf terlebih dahulu kepada pengunjung blog saya seandainya saya tidak bisa menanggapi semua dan secara menyeluruh terhadap komentar anda para pengunjung tersebut di postingan Sekilas Universitas Islam Indragiri (UNISI) sebab saya bukan orang yang berkecimpung langsung di UNISI. Namun saya berharap siapapun boleh berkomentar disini sepanjang tidak membuat komentar yang bersifat SARA dan negatif.

Bertitik tolak dari semua itu saya jadi terpikir bahwa untuk menjembatani komunikasi antara masyarakat, civitas akademika dan pemangku kepentingan lainnya khususnya di dunia pendidikan ini (UNISI) rasanya tidak berlebihan jika UNISI mencoba mencari tenaga ahli untuk dapat memulai merencanakan sebuah website milik UNISI sendiri sebagaimana Universitas-Universitas lainnya yang sudah punya website sendiri. Andai UNISI belum mempunyai website sendiri. Tapi seandainya sudah berarti saya yang ketinggalan kereta, hehehe…

Ada banyak manfaat yang mungkin dipetik dari adanya website sendiri. Diantaranya keberadaan website sendiri akan memudahkan mentransformasikan dan mensosialisasikan informasi-informasi kepada khalayak terutama civitas akademika UNISI. Kemudian website tersebut juga dapat digunakan untuk sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian bagi civitas akademika UNISI.

Para civitas akademika UNISI dirangsang untuk dapat menghasilkan sebuah penelitian dan pengembangan ilmu dan keahlian sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing yang kemudian di sebarkan melalui website sendiri. Sehingga bermanfaat bagi tidak hanya untuk civitas akademika sendiri juga untuk masyarakat khususnya masyarakat Indragiri Hilir.

Dan Pertanyaan, website UNISI, mungkinkah sudah sebuah keharusan ? tinggal para pengelola UNISI saja lagi yang mewacanakan atau mewujudkannya. Saya hanya sekedar memberi sumbangsih saran. Semoga….

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

5 thoughts on “Website UNISI, Mungkinkah Sebuah Keharusan ?

  1. Insya Allah efektif bang . . .
    salah satu tujuan website UNISI nantinya Transparansi Informasi. baik buat mahasiswa, orang tua, dan masyarakat umum. . .

  2. memang dibutuhkan hal tersebut seperti komentar saudara Tedy Said. Saya saja yg orang luar yg mempunyai ketertarikan mengenai Unisi, hanya bisa mencari informasi mengenai Unisi dari artikel2 koran atau pun majalah online. Itu un sepotong2.
    Jadi saya mohon segeralah Unisi membuat official website nya!!!

Tinggalkan Balasan

