Posted in Ekonomi dan Bisnis

Peluang Usaha Dari Bahan Sabut Kelapa

Beberapa waktu yang lalu tanpa sengaja saya membaca majalah Tani Merdeka edisi cetak terbitan Nov-Des 2008 yang saya dapatkan di tempat saya bekerja, yang sempat terekam oleh saya adalah satu informasi tentang produk dari bahan sabut kelapa yang menginspirasi saya untuk memposting tulisan ini.

Hal yang menarik dan bermanfaat mungkin sebagai informasi bagi siapa saja yang ingin memulainya. Apalagi daerah saya sudah sama-sama diketahui adalah daerah penghasil kelapa yakni kopra yang cukup potensial. Sebagian besar warga juga adalah petani yang mengusahakan kebun kelapa.

Siapa yang tidak tahu dengan kelapa, tumbuhan yang nyaris seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan mulai dari pelepah daun dan batok/tempurungnya yang berguna untuk kayu/bahan bakar, lidinya untuk sapu sebagai alat pembersih, batang pohonya bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan dan mebel serta aneka kerajinan, akarnya bisa digunakan untuk jamu dan campuran zat pewarna, serta buahnya menghasilkan santan dan minyak goreng.

Demikian pula sabut kelapa – yang biasa digunakan untuk sapu, keset dan sikat – bisa dikembangkan pula untuk menjadi serat sabut kelapa berkaret (sabutret). Sabutret ini adalah campuran sabut kelapa dan karet asli yang bisa dipakai untuk kasur, bantal, matras hingga jok mobil.

Awalnya sabutret ini digagas oleh Drs. BAMBANG IMAM SANTOSO, MM. yang kemudian dikembangkan oleh Koperasi Tani Lestari Desa Tambak Sari Kecamatan Wana Reja, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Dan sejak ide ini muncul maka sabut kelapa tidak lagi dianggap sampah atau bahan penimbun tanah yang rendah/becek/berlobang – kalau di tempat saya– entahlah ditempat anda.

Menurut yang saya baca di majalah Tani Merdeka tersebut, cara pembuatan sabutret terbilang sederhana, Sabut kelapa setelah dibersihkan, diurai dan dipintal menjadi helaian. Lalu dicampur dengan 9 jenis zat kimia yang biasa dipakai untuk mengkritingkan rambut. Setelah itu dipanaskan didalam oven dengan suhu 80 derjat selama 3-4 jam. Setelah didinginkan, sabut disemprot dengan karet asli sesuai ketebalan yang dikehendaki.

Dibanding kapas dan busa katanya kasur berbahan sabutret relatif lebih murah dan masa pemakaian yang panjang. Juga tidak lembab, tidak meresap air, lebih kering dan mengandung aroma yang bermanfaat untuk terapi. untuk setiap kasur yang terbuat dari sabutret beserta bantal dan gulingnya saat ini dijual seharga Rp.750.000.

Kabarnya negara Prancis, Jerman dan Inggris tertarik untuk membeli produk buatan Koperasi Tani Lestari, cilacap ini. Namun dengan keterbatasan produksi maka permintaan tidak dapat dipenuhi sebanyak permintaan importir negara-negara tersebut.

Nah mumpung daerah kita – Indragiri Hilir -juga penghasil kelapa dan sabut kelapa, ini adalah peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja terutama warga inhil yang banyak punya kebun kelapa. Siapa yang berminat silahkan saja mencobanya dan mempelajari cara membuatnya. Seandainya di inhil sudah ada yang mencoba mungkin bisa menghubungi Koperasi Tani Lestari untuk diajak kerjasama. Atau mencari sendiri importirnya melalui Dinas terkait untuk memfasilitasi. Selamat mencoba…

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

11 thoughts on “Peluang Usaha Dari Bahan Sabut Kelapa

  1. Sebutret diproduksi dan dipasarkan oleh YAYASAN AN-NUR CILACAP, KUB SBUTRET-1, KOPERASI PERTANIAN (KOPTAN) LESTARI. Kami mencari sahabat yang mau ikut latihan, memproduksi dan memasarkan SEBUTRET karena kami tidak dapat memenuhi kuota kuantitas dan kualitas eksport. Pelatihan diselenggarakan oleh PKBM AN-NUR Desa Tambaksari Kec. Wanareja Kab.ailacap. Satu kelompok 10 orang selama 6 hari (teori dan praktek) cukup dengan biaya duapuluh juta saja. Ayo hubungi via e-mail
    sebutret@gmail.com

  2. Selama ini pembelinya siapa Pak? Lokal atau ekspor?

    Kalau ingin bertanya-tanya saya dapat menghubungi nomor tilpon berapa?

    Terima kasih.

  3. asswrwb
    pak saya tinggal di batam dan tertarik untuk memulai usaha sabutret ini…namun terlebih dahulu saya ingin mengikuti pelatihan karena ini perorangan dari saya sendiri kapan pelaksanaannya pak?
    Kemudian setelah ini saya akan coba kembangkan apakah bapak bisa memberikan ino ke saya mengenai peralatannya juga? di daerah yang dekat batam daerah mana penghasil sabut kelapa yang bisa kami hubungi pak?mohon infonya…
    Jazakumullahkhairon katsiron
    asswrwb

  4. pak saya tinggal di batam dan tertarik untuk memulai usaha sabutret ini…namun terlebih dahulu saya ingin mengikuti pelatihan karena ini perorangan dari saya sendiri kapan pelaksanaannya pak?
    Kemudian setelah ini saya akan coba kembangkan apakah bapak bisa memberikan info ke saya mengenai peralatannya juga? di daerah yang dekat batam daerah mana penghasil sabut kelapa yang bisa kami hubungi pak?mohon infonya…
    Jazakumullahkhairon katsiron
    asswrwb

  5. asswrwb
    pak saya tinggal di batam dan tertarik untuk memulai usaha sabutret ini…namun terlebih dahulu saya ingin mengikuti pelatihan karena ini perorangan dari saya sendiri kapan pelaksanaannya pak?
    Kemudian setelah ini saya akan coba kembangkan apakah bapak bisa memberikan ino ke saya mengenai peralatannya juga? di daerah yang dekat batam daerah mana penghasil sabut kelapa yang bisa kami hubungi pak?mohon infonya…
    Jazakumullahkhairon katsiron
    asswrwb

Tinggalkan Balasan

