Posted in Info Daerah

PERESMIAN PASAR BARU “RASAU KUNING” DESA MUMPA KECAMATAN TEMPULING

Pada Jum’at tanggal 6 Pebruari 2009 bersempena dengan acara syukuran sukses pilkada Inhil 2008 telah diresmikan pasar baru Desa Mumpa Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Riau oleh Bapak H.INDRA MUCHLIS ADNAN Bupati Indragiri Hilir Terpilih Periode 2008-2013 di Desa Mumpa. Pasar baru ini diberi nama “RASAU KUNING”. Konon nama tersebut diambil dari salah satu pokok/batang atau tumbuhan yang banyak tumbuh dan hidup di pinggiran sungai Mumpa.

Disamping meresmikan pasar baru tersebut Bupati Indragiri Hilir H.INDRA MUCHLIS ADNAN juga melakukan pelatakan batu pertama pembangunan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang bakal di bangun tidak jauh dari lokasi pasar baru Desa Mumpa.

Pasar lama Desa Mumpa sebelumnya berada ditepi sungai Indragiri. Pemindahan pasar Mumpa ini dilatarbelakangi oleh tidak laiknya lagi pasar lama untuk digunakan dan dimanfaatkan pasca musibah longsornya sebagian lokasi pasar Mumpa kesungai Indragiri beberapa waktu yang lalu.

Kondisi dan lokasi pasar baru Desa Mumpa yang berada ditepi bakal jalan tembus Inhil-Inhu sepertinya cukup bagus dan strategis serta mungkin beberapa tahun kedepan akan cepat berkembang. Hal ini sangat diharapkan dalam rangka mendukung perrtumbuhan ekonomi khususnya di Kecamatan Tempuling dan Umumnya di Indragiri Hilir.

Dalam rangka membuka akses dan keterisolasian daerah melalui transportasi darat, jalan tembus Inhil-Inhu insya Allah bakal direalisasikan. Jalan ini nantinya akan memudahkan bagi warga Inhil untuk bepergian kearah Ibukota Propinsi yakni Pekanbaru dan dengan dibangunnya sarana ini diharapkan pula investasi bisa masuk kewilayah Inhil, sebab masih banyak potensi-potensi daerah yang belum diolah dan dimanfaatkan maksimal, khususnya antara perbatasan Kecamatan Tempuling dengan Kabupaten Indragiri Hulu.

Siapa tahu beberapa tahun kedepan dengan adanya jalan tembus Inhil-Inhu yang melewati Desa Mumpa, Desa Teluk Kiambang serta Desa Harapan Jaya ada investor yang berminat menanamkan modalnya membangun usaha atau pabrik yang berbasiskan agro industri (melihat potensi alamnya) dalam wilayah Kecamatan Tempuling sehingga dapat membantu menyerap tenaga kerja lokal dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Kecamatan Tempuling yang selama ini selalu dinanti-nantikan biar tak merantau lagi jauh-jauh ke Malaysia sana. Semoga… Wallahualam

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

2 thoughts on “PERESMIAN PASAR BARU “RASAU KUNING” DESA MUMPA KECAMATAN TEMPULING

  1. Trimakasih atas informasinya pak hendry, saya rama pak mahasiswa unri yang akan melakukan kukerta unri 2016 pada bulan awal juli-awal september, bagaimanakah akses jalan dari pekanbaru menuju desa mumpa ini pak, dan berapa lama waktu yg diperlukan utk menempuh desa mumpa ini dari kota pekanbaru?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s