Posted in Info Daerah

Pelepasan Jemaah Calon Haji Kecamatan Tempuling Tahun 1429 H/2008 M

Camat Tempuling Drs.T.M. Syaifullah, MM tengah memberikan sambutan di tengah-tengah jamaah calon haji Kec. Tempuling
Berikan Sambutan : Camat Tempuling Drs.T.M. Syaifullah, MM tengah memberikan sambutan di tengah-tengah jamaah calon haji Kec. Tempuling

Rombongan jemaah haji Kecamatan Tempuling tahun 1429 H pada hari sabtu tanggal 8 Nopember 2008 dilepas secara resmi di halaman Kantor Camat Tempuling oleh Camat Tempuling Drs.TM.SYAIFULLAH,MM. selanjutnya rombongan jemaah calon haji dari Kecamatan Tempuling tahun ini yang berjumlah 24 orang menuju ibukota kabupaten Indragiri Hilir untuk diberangkatkan keesokan harinya melalui pelabuhan Tembilahan menuju pulau Batam yang kemudian akan diterbangkan menuju tanah suci Mekah.

Sejak pagi hari persiapan telah dilakukan terutama persiapan tempat acara yang sengaja dipilih dihalaman Kantor Camat Tempuling, tepatnya di teras Kantor Camat Tempuling. Biasannya setiap tahun juga demikian. Acara pelepasan tahun ini masih seperti tahun sebelummnya. Pihak penyelenggara yakni Ikatan Persaudaran Haji Indragiri Hilir (IPHI) Kecamatan Tempuling.

Saya jadi teringat pada kegiatan seperti ini beberapa tahun yang lalu sebelum Ikatan Persaudaraan Haji Indragiri Hilir (IPHI) Kecamatan Tempuling di bentuk. Semua persiapan pelepasan dan pemberangkatan jemaah calon haji tertumpu pada personil Kantor Camat dan Kantor KUA Kecamatan Tempuling. Terkadang melelahkan sebab tidak semua personil bersedia melakukan tugas – tugas yang demikian, mulai dari acara persiapan sampai acara pembersihan lokasi. Tapi sekarang setelah terbentuknya IPHI Kecamatan Tempuling rasannya tugas-tugas pelepasan jemaah calon haji berpindah tangan, dan kami sebagai aparat pemerintah kecamatan baik yang dikantor camat maupun yang dikantor KUA sedikit terbantu.

Sebelum acara pelepasan dimulai masyarakat dan pihak keluarga yang ikut mengantar sudah ramai berkumpul dihalaman Kantor Camat Tempuling. Suasana yang cukup terik tidak menyurutkan langkah mereka untuk turut menyaksikan acara pelepasan sekaligus mengantar kepergian keluarga dan jemaah haji. Maklum para jemaah pergi ketanah suci dan belum tentu akan pulang kembali ketanah air jika Allah memanggil untuk menghadap-Nya ditanah suci. Makanya momen ini sangat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh keluarga, sanak family dan handai taulan untuk silaturahmi dan bermaaf-maafan serta saling mendoakan. Terkadang tanpa disadari sampai menitikan air mata saking terharunya saat berpelukan bermaaf-maafan dan mengucapkan doa kepada para jemaah calon haji yang bakal berangkat.

Sambutan dan pengarahan pada acara pelepasan didahului oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tempuling Drs. USMAN MONING yang mengajak seluruh jamaah untuk mengucapkan talbiah secara bersama-sama sebelum beliau mengakhiri sambutannya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutannya Camat Tempuling Drs. T.M.SYAIFULLAH,MM. Camat Tempuling berpesan kepada seluruh jemaah calon haji agar meluruskan niat dalam melaksankan ibadah haji ketanah suci. “Dalam melaksanakan ibadah haji hendaknya dengan hati dan niat yang ikhlas, agar seluruh ibadah yang dilakukan dapat diterima disisi Allah swt.”

Untuk itu kita patut mengucapkan selamat jalan kepada setiap jamaah yang akan menunaikan ibadah haji, dan kita sampaikan pesan agar luruskan niat, kalau tidak dapat sejak terbetik keinginan, maka sejak melangkahkan kaki untuk menunaikan ibadah haji. Dan kalau inipun tidak, maka paling lambat pada saat mengenakan pakaian ihram. Itulah anak tangga pertama mendapatkan kedudukan sebagai tamu Allah. “Haji yang mabrur tidak ada ganjarannya kecuali surga,” demikian janji Nabi saw. Selamat jalan dan selamat kembali ketanah air dengan haji yang mabrur. Amin……….

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

One thought on “Pelepasan Jemaah Calon Haji Kecamatan Tempuling Tahun 1429 H/2008 M

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s