Posted in Perjalanan Kehidupan

Ramadhan 1429 H Yang Penuh Berkah dan Pilkada Langsung Indragiri Hilir Pertama Dalam Sejarah

Bulan suci Ramadhan 1429 H bertepatan dengan tahun 2008 M tahun ini adalah bulan suci Ramadhan yang benar-benar penuh berkah buat saya. Sebab jauh sebelum Ramadhan datang Allah swt telah memberikan berbagai kemudahan dan kesuksesan setiap usaha dan pekerjaan yang akan saya selesaikan.

Pertama adalah perjuangan untuk menyelesaikan studi akhirnya menampakan titik terang dengan telah dinyatakan lulus dalam yudisium di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indragiri (UNISI), setelah sehari sebelumnya tanggal 18 agustus 2008 saya mengikuti ujian oral comprehensive mempertahankan hasil penelitian skripsi saya. Kedua istri tercinta sedang hamil tua anak pertama saya, dan kemungkinan akan melahirkan pada antara Ramadhan dan Syawal 1429 H.

Ada kebahagian dan perasaan was-was menanti kehadiran si buah hati. Rasa bahagia tentu ada karena tidak berapa lama lagi dalam rumah ini akan hadir warga baru yang kelak diharapkan menjadi orang yang berguna bagi keluarga, orang tua, agama, bangsa dan Negara. Perasaan was-was karena kawatir proses persalinan istri tercinta mengalami hambatan maklum istri dan saya tidak pernah mengalami dan menghadapi sebelumnya hal-hal seperti ini dan untuk pertama kalinya, sedangkan tempat bertanya dan bertukar pikiran dengan orang yang paling dekat (almarhumah Ibunda) sudah tidak ada lagi, mau tidak mau terpaksa saya boyong istri saya ke tempat mertua saya dengan harapan dapat membantu proses persalinan nantinya, sebab perkiraan dokter sepertinya meleset dan istri saya sudah keburu melahirkan di rumah, yang rencana semula akan melahirkan di klinik persalinan Tembilahan.

Namun Alhamdulillah dan Puji syukur kehadirat Allah swt. Dengan pertolongan Allah swt dan dua orang bidan (Bidan kampung dan Bidan dari Puskesmas) Jabang bayi, Putra pertama lahir dengan selamat dan istri tercinta melahirkan dengan selamat tanpa hambatan yang berarti, tepatnya hari Kamis tanggal 18 Ramadhan 1429 H, lebih cepat 10 (sepuluh hari) dari perkiraan dokter sebelummnya.

Terasa sudah lama saya tidak memposting tulisan dalam blog saya ini dan juga entah berapa lama saya tidak membuka blog, karena konsentrasi saya terkuras pada penyelesaian skripsi dan persiapan menghadapi ujian oral yang bakalan dihadapai semester tahun ini, disamping rutinitas pekerjaan di kantor. Mungkin para teman dan sahabat di blog ada yang berkunjung ke blog saya dan meninggalkan pesan namun tidak dapat saya balas dan jawab untuk itu saya mohon maaf.

Ramadhan saya tahun 1429 H kali ini juga sebagaimana tahun sebelumnya banyak dihiasi dengan berbagai kegiatan, mulai Tarawih dan Tadarusan di mesjid Nurul Hidayah Sungai Salak, jadi pembawa acara yang dijadwalkan bergiliran saat sebelum salat Tarawih sampai ditunjuk menjadi bagian dari Panwaslih Pilgubri tahun 2008.

Kegiatan yang berskala besar dalam Ramadhan tahun ini adalah adanya pilkada langsung Gubernur dan wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir sekaligus tanggal 22 September 2008 lalu untuk pertama kali dalam sejarah Kabupaten Indragiri Hilir.

Semua kita masyarakat Riau dan Indragiri Hilir hari ini saat saya memposting tulisan ini sudah tahu hasil dari proses Pemilihan langsung kedua kepala daerah tersebut. Untuk Pemilihan Gubernur Riau yang berhasil meraup suara terbanyak adalah pasangan calon RZ-MM yakni Rusli Zainal dan Mambang Mit, sedangkan untuk pemilihan Bupati Indragiri Hilir KPUD inhil sudah memutuskan dan menetapkan bahwa pasangan Idaman yakni Indra Muchlis Adnan dan Rosman Malomo sebagai pemenang pemilihan kepala daerah Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2008.

Sebagai manusia biasa mahfum kita banyak memiliki kekurangan dan kelemahan. Pilkada langsung kepala daerah dan wakil kepala daerah Indragiri Hilir yang barangkali sudah dipersiapkan dengan baik dan matang dan dengan dana serta biaya yang mahal dengan harapan dapat berjalan aman, damai dan tertib serta membawa hasil yang baik sudah barang tentu masih terdapat kekurangannya dan kelemahannya karena kembali lagi bahwa kita manusia sebagai pelaksana proses penyelenggaraan pilkada adalah mahluk yang tidak sempurna. Kesempurnaan itu hanya milik Allah swt saja. Namun kesempurnaan itu perlu diupayakan sebab kata orang bijak manusia yang selalu berusaha dan berupaya menuju kesempurnaan adalah manusia yang sempurna, walaupun kesempurnaan itu tidak pernah ada pada manusia.

Kabar terakhir yang saya amati bahwa pilkada Inhil masih mengalami sedikit gejolak karena ada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang tidak bisa menerima hasil pilkada yang telah dilaksanakan dan diputuskan KPUD Kabupaten Indragiri Hilir. Ada banyak argumen yang mereka sampaikan dan lemparkan ke orang yang berwenang menangani masalah pilkada serta Publik sehingga mereka tidak bisa menerima hasil pilkada.

Terlepas dari semua persoalan diatas saya berpikir bahwa Pilkada telah usai dan hasilnya juga telah diputuskan dan ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Indragiri Hilir . Selanjutnya dengan semangat Idul Fitri 1429 H dan hasil tempaan Ramadhan 1429 H kita tinggalkan dan tanggalkan catatan hitam yang telah berlalu, mari kita bangun kembali inhil ini dengan semangat kebersamaan dan kejujuran serta bermartabat, yang berlandaskan semangat keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt, semoga Kabupaten Indragiri Hilir Berjayaya dan Gemilang bagi rakyatnya dan bagi anak cucu kita kelak, dan semoga apa yang kita upayakan akan menjadi amal ibadah dan menjadi tabungan untuk akhirat kelak. Amin…. Wallahu’alam.

Penulis:

Hanya seorang hamba yang ingin berbagi dan bersilaturahmi, mencoba belajar menulis semoga apa-apa yang ditulis membawa manfaat bagi diri sendiri terutama dan bermanfaat untuk orang banyak. Mari tebarkan kebaikan dan jauhkan segala permusuhan semoga bangsa yang kita cintai ini menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk menjalani kehidupan menuju kehidupan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

