Pelantikan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) SeKecamatan Tempuling

Camat Tempuling Drs.T.M.Syaifullah,MM sedang mengambil sumpah ketua dan anggota BPD di Gedung Serbaguna Kelurahan Sungai Salak

Mengambil Sumpah : Camat Tempuling Drs.T.M.Syaifullah,MM sedang mengambil sumpah ketua dan anggota BPD di Gedung Serbaguna Kelurahan Sungai Salak

Tanggal 1 Nopember 2008 bertempat di Gedung Pangkalan Tujuh Kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling berlangsung acara pelantikan dan pengambilan sumpah ketua dan anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se Kecamatan Tempuling masa tugas 2008-2013 yang dilaksanakan dengan cara sederhana dan hikmat.

Atas nama Bupati Indragiri Hilir Camat Tempuling Drs.T.M.SYAIFULAH,MM mengambil sumpah dan melantik ketua dan anggota BPD yang terdiri dari lima desa dalam wilayah kerja Kecamatan Tempuling yakni BPD Desa Teluk jira, BPD Desa Mumpa, BPD Desa Karya Tunas Jaya, BPD Desa Teluk Kiambang dan BPD Desa Harapan Jaya.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan ketua dan Anggota BPD se Kecamatan Tempuling ini dihadiri oleh para unsur pimpinan Kecamatan Tempuling, Kepala Desa se-Kecamatan Tempuling, para kepala UPT se Kecamatan Tempuling serta undangan yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda dan pemuka agama yang berada dalam wilayah Kecamatan Tempuling.

Seusai melantik dan mengambil sumpah jabatan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sambutannya Camat Tempuling Drs. T.M. SYAIFULLAH, MM menegaskan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah sebuah Badan yang ada di Desa yang memiliki peran dalam rangka membantu tugas-tugas pemerintah Desa dan sebagai mitra dari Kepala Desa dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan serta sebuah lembaga yang berfungsi sebagai pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang dijalankan di sebuah Desa.

Diharapkan melalui kehadiran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ini setiap Desa hendaknya dapat menggali potensi-potensi Desa bersangkutan melalui pembuatan dan penetapan peraturan-peraturan Desa (perdes) yang berpijak dan berpihak pada pola kebiasaan, adat istiadat dan budaya Desa masing-masing, sehingga dengan dibuatnya kebijakan dan peraturan desa melalui musyawarah dan mufakat dengan masyarakat di Badan Perwakilan Desa (BPD) dapat bermanfaat untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat desa setempat.

Dalam kesempatan itu juga Camat Tempuling Drs. T.M.SYAIFULLAH,MM menegaskan dan mengingatkan kembali agar Badan Permusyawaratn Desa (BPD) tidak melakukan hal-hal diluar kewenangannya seperti pengalaman-pengalaman terdahulu dimana badan Perwakilan Desa melakukan tindakan yang melebihi kewenangannya dengan memaksakan kehendak dan selalu disibukkan dengan pekerjaan dan kegiatan untuk menjatuhkan kepala desa yang sah secara hukum dipilih oleh warga melalui pemilihan langsung untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan desa dengan alasan salah satu atau lebih dari sekian banyak kebijakan-kebijakan yang diambil oleh kepala desa tidak seirama dengan Badan Perwakilan Desa (sebutan saat itu) dan dianggap tidak berpihak kepada masyarakat desa.

Selanjutnya Camat Tempuling Drs. T.M.SYAIFULLAH.MM juga meminta dan menghimbau bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dilantik hari ini jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai Badan Perwakilan Desa (BPD). Beliau menghimbau jika ada permasalahan dan persoalan di desa hendaknya dirembukkan dahulu di Badan Permusyawaratn Desa (BPD) dan dicarikan jalan keluarnnya.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratn Desa (BPD) se Kecamatan Tempuling diakhiri dengan doa yang dipandu salah seorang pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Tempuling dan pemberian ucapan selamat dari para undangan yang hadir.

Selamat bekerja kita ucapkan kepada para Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang baru saja disumpah dan dilantik. Harapan masyarakat Desa sekarang sudah dipundak anda semua. Mari gali potensi desa anda yang ada dan segera buatkan produk hukummnya agar peran dan fungsi anda lebih mempunyai makna dan mengena dihati masyarakat. Sebagai catatan sampai saat ini dan sepengetahuan saya di kecamatan Tempuling ini belum ada perdes yang diterbitkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sifatnya mempunyai nilai tambah untuk desa bersangkutan.

Hal ini sangat disayangkan, misalnya saja desa yang ada hasil-hasil tambangnya seperti galian C bisa saja membuat perdes pungutan berupa retribusi atas dieksplorasinya hasil tambang tersebut untuk kepentingan desa dengan terlebih dahulu dimusyawarahkan dan dikonsultasikan, serta produk perdes tersebut tidak berbenturan dengan produk yang telah ada. Agar hasil retribusi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dan keperluan membangun desa bersangkutan. Dan perlakuan seperti ini tidak semata-mata hanya untuk hasil tambang saja, bisa juga untuk hasil-hasil produksi industry, kerajinan, pertanian dan perkebunan dan lain sebagainya yang ada didesa.

Sekali lagi mari gali potensi desa anda dan jangan selalu bergantung dengan hanya meminta bantuan-bantuan sementara upaya dan potensi yang ada pada anda tidak diberdayakan.

About these ads

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s